0k

0k

Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Cintai Penciptanya, Lestarikan Ciptaannya

Berita Terkini

latest

HMPS TIPA Gelar Kegiatan Retina Sains di Dusun Eran Batu: Edukasi Sains untuk Generasi Muda

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) Fakultas Tarbiyah (FAKTAR)  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) P...




Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) Fakultas Tarbiyah (FAKTAR)  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengadakan kegiatan Retina Sains (Real Action to Applying Sains) dengan tema "Mengintegrasikan Masyarakat Melalui Dedukasi dan Edukasi Mahasiswa TIPA".

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa-Jumat (13-23/08/2024) bertempat di Dusun Eran Batu, Desa Batetangnga, Kec. Binuang, Kab. Polman. Kegiatan itu melibatkan Dosen Tadris IPA, jajaran pengurus HMPS dan panitia serta mahasiswa Tadris IPA.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Dalam pelaksanaan kegiatannya, HMPS TIPA memiliki beberapa target sasaran di antaranya membantu masyarakat Dusun eran batu, melakukan program kemitraan masyarakat oleh Dosen Tadris IPA, melakukan sosialisasi mengajar di sekolah.

Dwi Hesti, salah satu Panitia Retina Sains mengungkapkan, tanggpan dan harapannya selama melakukan pengabdian di Dusun eran batu "kegiatan Retina kemarin sangat positif. Para siswa yang ikutnperan dan kegiatan Retina tampak antusias dan bersemangat mengikuti pelajaran. Materi yang diajarkan juga relevan dengan kebutuhan mereka. Harapan saya, ke depannya kita bisa lebih banyak melibatkan metode yang interaktif dan menyenangkan agar proses belajar mengajar semakin efektif.Semoga kegiatan retina ini bisa diadakan lagi tahun depan", tuturnya.

Muh. Ryamizard Ryadi Putra selaku  Ketua Umum HMPS TIPA, mengungkapkan tanggapan dan harapannya dalam kegiatan tersebut "Saya sangat senang dan bersyukur melihat teman-teman panitia dan pengurus yang sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan retina sains 2024. Dimana kegiatan retina sains ini merupakan kegiatan mengabdi kepada masyarakat, yang dimana kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi teman-teman panitia dan pengurus sebelum menghadapi yang namanya KKN dan saya berharap dengan adanya kegiatan retina sains ini dapat membuat mahasiswa Tadris IPA yang terlibat mampu menerapkan apa yang didapatkan di retina sains dalam lingkungan masyarakat. Serta dapat menjaga nama baik Himpunan", tuturnya.

Ketua Program Studi Tadris IPA Andi Aras mengungkapkan kesan dan harapannya dalam kegiatan Retina yang diadakan oleh mahasiswa TIPA

"Kegiatan Retina Prodi TIPA sangat positif untuk menumbuhkan kompetensi mahasiswa dan juga membekali mereka pengalaman mengabdi di tengah-tengah masyarakat dan semoga hmps TIPA terus eksis melakukan inovasi kegiatan khususnya dalam hal pengabdian guna memberi edukasi dan juga kontribusi di masyarakat. Kegiatan ini juga semoga bisa menjadi wadah sosialisasi agar masyarakat mengetahui dan mengenal Prodi TIPA", tuturnya.

Ahmad, Kepala Dusun eran batu mengucapkan rasa syukur atas kedatangan mahasiswa Tadris Ipa di dusun eran batu. " saya bersyukur sekali karena kedatangan mahasiswa tadris ipa sangat membantu untuk masyarakat disini dan memperlihatkan perilaku yang baik untuk bisa diambil di kehidupan masyarakat dan harapan saya muda mudahan anak anak disini atau orang tua supaya mengambil apa yang disampaikan mahasiswa tadris ipa untuk menyampaikan kepada anak anaknya masing-masing supaya dia bisa mengikuti anak anak mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya", tutupnya.

Profil