0k

0k

Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Cintai Penciptanya, Lestarikan Ciptaannya

Berita Terkini

latest

DOSEN, MAHASISWA, DAN HMPS TIPA GELAR KEGIATAN RETINA & RESPIRASI SAINS DI DESA ERAN BATU, KEC. BATTETANGNGA KAB. POLMAN

Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris IPA IAIN Parepare melaksanan kegiatan pengabdian serta edukasi kepada  masyarakat di Dusun Eran Batu...

Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris IPA IAIN Parepare melaksanan kegiatan pengabdian serta edukasi kepada  masyarakat di Dusun Eran Batu, dengan tema "Mengintegrasikan Masyarakat Melalui Dedukasi dan Edukasi Mahasiswa TIPA".

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13-23 Agustus 2024 dengan melibatkan Dosen Tadris IPA, jajaran pengurus dan panitia HMPS TIPA serta Mahasiswa TIPA. 

HMPS TIPA dan Dosen Tadris IPA melaksanan kegiatan pelatihan kepada masyarakat pada tanggal 21 Agustus 2024 di Masjid Nurul Iman Dusun Eran Batu dengan tema "Pelatihan Pembuatan Kompos dan Pengenalan Biokomposter untuk Pengelolaan Limbah Rumah Tangga". Tujuan diadakan  kegiatan tersebut untuk melakukan penelitian dan edukasi kepada masyarakat.

Mahasiswa dan Dosen Tadris IPA IAIN Parepare terlibat langsung dalam menyelenggaran kegiatan tersebut dengan antusiasme masyarakat Desa Eran Batu. Kegiatannya diawali dengan mempersiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, kemudian mengajak masyarakat untuk menghadiri pelatihan tersebut dengan menyimak seluruh rangkaian kegiatan hingga selesai.

Menurut Dosen Tadris IPA selaku pemateri Novia Anugra, M.Pd mengatakan bahwa "Melalui pelatihan ini dapat membantu mengatasi permasalahan limbah rumah tangga yang ada di masyarakat.  Selain itu, masyarakat juga di edukasi untuk  pembuatan  komposter dan cara  pengelolaan limbah menjadi pupuk kompos sehingga diharapkan dapat membantu petani untuk menggunakan metode pertanian yang ramah lingkungan".

Pelatihan pengolahan limbah komposter tersebut sangat membantu masyarakat Desa Eran Batu dalam bidang  perkebunan dan pertanian yang merupakan pekerjaan masyarakat daerah tersebut. Dengan kegiatan ini masyarakat Desa Eran Batu diharapkan mampu mengelola limbah sebaik-baiknya dan dapat meringankan dalam penggunaan bahan organik. 

Ketua Program Studi Tadris IPA Andi Aras, M.Pd mengatakan bahwa "Antusiasme masyarakat mengikuti pelatihan ini sangat tinggi. Semoga terus ditingkatkan dan dilanjutkan.

Kegiatan PKM ini menjadi sarana untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam memanfaatkan limbah yang tidak terpakai menjadi nilai ekonomis. Kegiatan ini dapat menjadi bukti nyata keberadaan Prodi TIPA ditengah -tengah Masyarakat".

 

Profil