0k

0k

Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Cintai Penciptanya, Lestarikan Ciptaannya

Berita Terkini

latest

Sinergi Dosen dan Mahasiswa Tadris IPA lewat Program Kemitraan Masyarakat, Ciptakan Motif Unik dari Alam melalui Teknik Ecoprinting Pounding

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) Fakultas Tarbiyah (FAKTAR) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pa...


Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) Fakultas Tarbiyah (FAKTAR) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengadakan kegiatan Retina Sains dan Respirasi Sains dengan mengusung tema"Mengintegrasikan Masyarakat Melalui Dedukasi dan Edukasi Mahasiswa TIPA".

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (21/08/2024) bertempat di Dusun Eran Batu, Desa Batetangnga, Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar yang dibimbing langsung oleh dosen IPA yakni Nur Yusaerah, M.Si., dengan melibatkan mahasiswa Tadris IPA dan masyarakat Dusun Eran Batu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan kain bekas dan kekayaan alam.

"Kami sangat senang dan bersyukur karna kedatangan beliau (pemateri) kami bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang belum ada pada kami." Ungkap Idhul, salah satu warga Dusun Eran Batu.

Warga berharap semoga pelatihan Ecoprinting Pounding tersebut dapat di implementasikan menjadi suatu usaha untuk dapat meningkatkan kualitas ekonomis serta menjadikan Dusun Eran Batu sebagai Dusun yang masih memiliki Sumber Daya Alam yang sangat dilestarikan.

Muh. Ryamizard Ryadi Putra, selaku Ketua Umum HMPS TIPA ikut menyatakan tanggapannya lewat antusiasme yang diberikan. "Saya merasa antusias dengan diadakannya pelatihan ecoprinting ini. Produk hasil ecoprinting ini bisa menjadi nilai seni yang sangat unik, karena motifnya diambil dari berbagai macam bentuk dan warna daun yang berbeda-beda. Selain itu, dalam proses pembuatan ecoprinting ini juga sangat simpel. Hanya membutuhkan kain bekas dan dedaunan." Ungkapnya.

Tak hanya itu, beliau juga berharap dengan adanya pelatihan ecoprinting ini, dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dalam membuat produk ecoprinting yang memiliki nilai seni yang lumayan unik.

Sementara itu Dosen Nur Yusaerah, M. Si., selaku pembawa materi Ecoprinting Pounding, juga ikut memberikan harapannya. "Harapan saya, masyarakat bisa lebih mengeksplorasi cara-cara untuk mengintegrasikan teknologi dalam mencari teknik desain/peletakan daun, warna daun, bentuk daun pada kain. Agar warga Dusun Eran Batu dapat memanfaatkan bahan-bahan yang biasanya tidak dipergunakan untuk diolah menjadi suatu produk yang dapat bernilai ekonomi," tuturnya.

Disisi lain, Andi Aras, M.Pd., selaku Ketua Prodi Tadris IPA, tak luput memberikan komentar positif terkait kegiatan pelatihan Ecoprinting Pounding ini. Menurut beliau, Program Kemitraan Masyarakat yang dilakukan Dosen TIPA sangat positif dalam memberi edukasi yang bermanfaat kepada masyarakat. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat dalam mengikuti pelatihan. "Saya berharap, semoga Dosen bersama dengan HMPS TIPA lebih produktif lagi dalam melakukan Program Kemitraan Masyarakat, agar Prodi TIPA semakin dikenal masyarakat dan juga memberikan kontribusi positif." Harapnya.

Profil