0k

0k

Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Cintai Penciptanya, Lestarikan Ciptaannya

Berita Terkini

latest

Pelatihan Pengolahan Kelapa menjadi Nata de Coco dan Virgin Coconut Oil (VCO)

  Novia Anugrah Dosen Program studi Tadris IPA melakukan Pelatihan Pengolahan Kelapa menjadi Nata de Coco dan Virgin Coconut Oil (VCO) kepad...


 Novia Anugrah Dosen Program studi Tadris IPA melakukan Pelatihan Pengolahan Kelapa menjadi Nata de Coco dan Virgin Coconut Oil (VCO) kepada mahasiswa Tadris IPA. Kegiatan pelatihan ini dilakukan di laboratorium IPA IAIN Parepare, Rabu 06 Maret 2024. Melalui kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dalam pembuatan Nata de Coco dan Virgin Coconut Oil (VCO)  dan dapat menambah nilai ekonomi dari kelapa sebagai sumber daya alam yang melimpah. 

Kegiatan pelatihan berlangsung 2 jam dan dilakukan di Laboratorium IPA IAIN Parepare diikuti oleh 30 mahasiswa. Kegiatan pelatihan dimulai dengan pemberian materi mengenai pentingnya VCO untuk kesehatan dan kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan VCO dan nata de Coco.  

Nata de Coco dapat dibuat dari air kelapa muda dan dicampurkan dengan bibit/starter bakteri Acetobacter xylinum. Campuran kemudian didiamkan selama tujuh hari hingga terbentuk lembaran nata selulosa. Sedangkan VCO berasal dari santan kelapa sehingga kelapa tua dapat dimanfaatkan lebih lanjut. Santan diendapkan selama sehari semalam hingga minyak dapat terekstraksi. Minyak yang diperoleh kemudian disaring hingga didapatkan minyak tanpa endapan dan lebih bening.

Selama kegiatan mahasiswa cukup antusias karena mengolah kelapa menjadi nata de coco dan VCO adalah sesuatu yang baru.

Profil