0k

0k

Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

Selamat Datang di Situs Resmi Tadris IPA IAIN Parepare

Berita Terkini

latest

HMPS TIPA Menggelar Kegiatan Rekreasi, Ekspedisi dan Eksplorasi Sains (Respirasi) di Desa Lagading

Tadris IPA IAIN Parepare- Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (HMPS TIPA) Fakultas Tarbiyah (Faktar) Institut Agam...


Tadris IPA IAIN Parepare- Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (HMPS TIPA) Fakultas Tarbiyah (Faktar) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar kegiatan Respirasi (Rekreasi, Ekspedisi, dan Eksplorasi Sains) dengan tema “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) melalui Penelitian Sederhana”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin (21/08/2023) bertempat di SDN 3 Bila. Kegiatan tersebut mengusung konsep ekspedisi sambil rekreasi ke wilayah terpencil suatu desa untuk mengeksplor sekaligus meneliti keadaan di pelosok suatu Desa. Tahun ini kegiatan Respirasi dilakukan di Desa Lagading, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran terkait materi gaya yang dibuat oleh Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA).


 

Nur Vadia, selaku ketua panitia Respirasi mengungkapkan “Alhamdulillah, kegiatan respirasi di sekolah berjalan dengan lancar. Saya merasa senang karena respon siswa sangat antusias dan aktif dalam pembelajaran, apalagi dengan adanya media pembelajaran terkait materi gaya yang dibuat oleh Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (TIPA) membuat siswa tertarik untuk belajar IPA”.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa “Setelah melakukan penelitian, media pembelajaran disimpan di dalam Lab IPA agar selanjutnya dapat digunakan oleh guru dan siswa disana dalam melaksanakan pembelajaran”. 

Sementara, Ketua Umum HMPS TIPA, Sartika juga mengungkapkan kegiatan ini mendapat respon yang baik dari siswa SDN 3 Bila.

“Kegiatan ini merupakan program kerja HMPS TIPA yang backgroundnya adalah penelitian sederhana. Penelitian yang dilakukan di sekolah dasar ini mendapatkan respon yang baik dari peserta didik, mereka terlihat sangat antusias untuk belajar menggunakan alat praktikum sederhana yang dilakukan oleh teman-teman HMPS TIPA”, ungkapnya.

Ketua Program Studi Tadris IPA Andi Aras mengungkapkan apresiasinya kepada HMPS TIPA.

“Saya mengapresiasi pengabdian yang dilakukan kegiatan HMPS Tadris IPA di Desa Lagading, melalui kegiatan Respirasi tentunya memberikan banyak nilai positif baik dalam membantu permasalahan masyarakat maupun dalam pengembangan diri mahasiswa. Respirasi menjadi ikon Tadris IPA untuk selalu berkontribusi pada masyarakat dengan memberikan solusi atas permasalahan lingkungan baik disekolah maupun ditengah-tengah masyarakat”, tuturnya.



Profil